Halo! Di pos ku yang ke dua ini aku mau nge pos tugas TIK, yaitu ARTIKEL DESAIN GRAFIS. Semoga bermanfaat ^^
A.
Pengertian Desain Grafis
Desain grafis adalah seni dalam berkomunikasi
menggunakan tulisan, ruang, dan gambar. Bidang ini merupakan bagian
dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis mencakup
seni visual, tipografi, tata letak, dan desain interaksi.
Desain grafis pada
awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur.
Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga
diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain
interaktif atau desain multimedia.
Batas dimensi pun
telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa
diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.
B.
Prinsip dan Unsur Desain
Unsur dalam desain
grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut
(termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna)
membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance),
ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi ("proportion") dan kesatuan
(unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.
C.
Seni Visual
Ilmu yang termasuk
dalam seni visual antara lain adalah fotografi dan digital imaging.
D.
Tipografi
Tipografi merupakan seni dalam merancang, menyusun dan
memodifikasi huruf. Tipografi
melibatkan beberapa pengaturan pada huruf seperti ukuran huruf, jenis
huruf, tracking (jarak antar huruf secara umum), kerning (jarak antar dua huruf
yang spesifik), dan leading (jarak antar baris).
E. Tata Letak
Tata letak adalah
seni dalam menyusun elemen (konten) yang ada pada sebuah halaman, seperti
penempatan gambar dan teks. Ketrampilan ini umumnya digunakan dalam media cetak
seperti majalah, buku, koran, tabloid, dsb. Tata letak pada sebuah
media cetak yang baik akan menambah kenyamanan pembacanya.
F.
Desain Interaksi
Sejak perkembangan dunia
teknologi informasi, para desainer grafis mulai berperan dalam merancang
tampilan perangkat lunak (Antarmuka Pengguna Grafis atau APG (Inggris: Graphical
User Interface (GUI))) dan tampilan dari halaman web. Desainer grafis
bekerja sama dengan pengembang situs web atau pengembang perangkat
lunak dalam merancang tampilan untuk meningkatkan kenyamanan pengguna saat
menggunakan perangkat lunak atau mengunjungi halaman web.
G.
Peralatan Desain Grafis
Peralatan utama yang
digunakan dalam desain grafis adalah pikiran (ide). Disamping teknologi
(komputer) sebuah desain grafis yang baik membutuhkan kreatifitas.
Pada
pertengahan 1980,
kedatangan desktop publishing serta
pengenalan sejumlah aplikasi perangkat lunak grafis memperkenalkan satu
generasi desainer pada manipulasi image dengan komputer dan penciptaan image 3D
yang sebelumnya adalah merupakan kerja yang susah payah. Desain grafis dengan
komputer memungkinkan perancang untuk melihat hasil dari tata letak atau
perubahan tipografi dengan seketika tanpa menggunakan tinta atau pena, atau
untuk mensimulasikan efek dari media tradisional tanpa perlu menuntut banyak
ruang.
Seorang perancang
grafis menggunakan sketsa untuk mengeksplorasi ide-ide yang kompleks secara
cepat, dan selanjutnya ia memiliki kebebasan untuk memilih alat untuk
menyelesaikannya, dengan tangan atau komputer.
H. Software Desain Grafis
Ada beberapa software
yang digunakan dalam desain grafis:
-
Desktop publishing
4. Coreldraw
5. GIMP
6. Inkscape
9. CorelDraw
10. Adobe Page Maker
11. Paint Tool SAI
-
Webdesign
3. Notepad
-
Audiovisual
3. Final Cut
4. Adobe Flash atau sebelumnya Macromedia
Flash
6. Magic Movie Edit Pro
8. Rendering 3 Dimensi
9. 3D StudioMax
10. Cinema 4d
11. Maya
12. AutoCad
13. Google SketchUp
14. Light Wave
15. Blender
16. Softimage
Tidak ada komentar:
Posting Komentar